Tes Calon Mahasiswa Baru UKIT 2016

Wakil Rektor Bidang Akademik Erens Sanggelorang, S.Psi., MM saat membuka pelaksanaan seleksi calon mahasiswa baru tahun 2016

Kamis 30 Juni 2016, UKIT melaksanakan kegiatan tes masuk bagi calon mahasiswa untuk tahun akademik 2016/2017. Dalam tes tersebut jumlah peserta mencapai kurang lebih 800 peserta yang tersebar di tujuh fakultas yang ada di UKIT. Peserta terbanyak yang mengikuti tes tersebut adalah calon mahasiswa dari fakultas teologi khususnya dari program studi teologi kristen protestan.

Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik, Erens Sanggelorang, S.Psi., MM. Dalam sambutan untuk membuka secara resmi kegiatan tersebut, Sanggelorang menyampaikan bahwa UKIT sebagai lembaga pendidikan tinggi milik gereja harus menjadi pioner dalam proses transformasi pendidikan khususnya pendidikan moral dan karakter terhadap peserta didik. Sanggelorang juga menegaskan bahwa soal yang digunakan untuk proses seleksi tersebut menggunakan Tes Kemampuan Dasar Akademik (TKDA) dan evaluasi Psikologi sesuai standar internasional yang digunakan di banyak negara. “Dalam melakukan seleksi kami tidak main-main, ini merupakan bentuk ketaatan kami terhadap gereja tetapi juga sebagai bagian dari proses untuk membentuk para calon pelayan gereja maupun jemaat untuk mengedepankan nilai-nilai moral serta disiplin dalam melakukan berbagai hal demi kebaikan banyak orang” imbuh Sanggelorang yang juga merupakan ketua Himpunan Psikologi (HIMPSI) SULUT.

tes 2016 4

Model tes TKDA dan evaluasi psikologi yang diberlakukan oleh UKIT untuk tahun akademik 2016/2017 menjadi yang pertama di seluruh Indonesia, dimana soal yang digunakan merupakan soal-soal standar Internasional yang digunakan oleh Himpunan Psikologi Indonesia untuk melakukan tes diberbagai instansi baik swasta maupun instansi pemerintah. Dalam proses seleksi yang dilakukan juga diawasi secara ketat oleh Himpunan Psikologi Sulawesi Utara. Ini merupakan salah bentuk keseriusan UKIT untuk menjaga kualitas peserta didiknya agar ketika selesai studi bisa menunjukan sikap seorang intelek yang rendah hati, antusias, pantang menyerah, solider dan disiplin dalam melaksanakan tugas untuk kebaikan banyak orang.