KAMI SIVITAS UKIT SETELAH MENCERMATI  SITUASI DAN KONDISI  UKIT SAAT INI,  ANTARA LAIN DITANDAI OLEH :

  1. Kekacauan di Lingkungan UKIT akibat ketidakjelasan sikap Pimpinan Yayasan terhadap Rektor UKIT periode 2015 – 2019, yang menerbitkan beberapa surat keputusan tentang Rektor, menyebabkan terjadi kesimpangsiuran kepemimpinan UKIT. Tindakan tersebut telah mengganggu program akademik dan pengembangan institusi serta menimbulkan suasana instabilitas di UKIT dan GMIM.
  2. Pemblokiran akun Pangkalan Data UKIT (akun PDPT UKIT) oleh oknum yang mengatasnamakan Yayasan dan Plt Rektor  telah menimbulkan dampak  yang sangat merugikan sivitas UKIT dan  mengganggu :
    1. Proses input data semester Genap 2015 (2) dan Gasal 2016 (1) yakni Hasil  Belajar Semester dan  Rencana Studi untuk dua-ribu mahasiswa lama serta  pembuatan master data  lebih dari seribu mahasiswa baru 2016.
    2. Proses sertifikasi 16 Dosen peserta sertifikasi dosen, yang proses asesmennya sementara berjalan dan sangat berpotensi menggugurkan proses sertifikasi tersebut.
    3. Proses akreditasi 5 program studi dan proses re-akreditasi 7 Program Studi yang sementara berlangsung dipastikan terhambat.
    4. Proses pelaporan Beban Kerja Dosen (BKD) dosen UKIT, proses pengusulan kepangkatan akademik bagi dosen UKIT dan pembayaran tunjangan 44 Dosen yang ter-Sertifikasi dipastikan terganggu dan dapat dikenai TGR.
  3. Pengangkatan Plt. Rektor UKIT oleh pengurus Yayasan pada tanggal 24 Oktober 2016, merupakan tindakan pelanggaran terhadap Statuta UKIT dan pembangkangan terhadap komitmen dan kesepakatan damai UKIT dari Ketua BPMS GMIM dan Rektor UKIT Yopie Alex Tomi Pangemanan pada tanggal 4 Oktober 2016 di Tongkaina.
  4. Rektor UKIT Yopie Alex Tomi Pangemanan telah melakukan klarifikasi untuk status aktivitas di pangkalan data perguruan tinggi (PDPT) dan ijasah sesuai permintaan Yayasan dan Tim bentukan BPMS GMIM, dan telah dinyatakan clear oleh penegasan surat Direktur Pembelajaran Dikti No. : 1027/B2/ST/2016 tertanggal 21 September 2016.
  5. Keputusan Rapat Senat UKIT tanggal 25 Agustus 2016 dan Rapat Badan Musyawarah Pimpinan UKIT tanggal 26 Oktober 2016 secara bulat mendukung kepemimpinan Rektor UKIT Yopie Alex Tomi Pangemanan hingga akhir periode tahun 2019.
  6. Fasilitasi dari Kapolda dan Gubernur Sulawesi Utara dalam menyikapi konflik UKIT yang telah menghasilkan langkah positif oleh Ketua BPMS dan Rektor UKIT Yopie Alex Tomi Pangemanan berupa Kesepakatan Damai Tongkaina, merupakan langkah baik yang harus didukung semua pihak termasuk sivitas UKIT untuk menjaga nama baik UKIT dan GMIM sebagai penyelenggara UKIT.

MEMPERHATIKAN HAL-HAL YANG DIKEMUKAKAN DI ATAS MAKA SIVITAS UKIT MENYATAKAN SIKAP SEBAGAI BERIKUT :

  1. Mendesak BPMS GMIM dan Rektor UKIT Yopie Alex Tomi Pangemanan untuk melaksanakan kesepakatan Tongkaina tanggal 4 Oktober 2016.
  2. Mendesak BPMS GMIM untuk memfasilitasi pembukaan pemblokiran akun PDPT UKIT dan menindak tegas oknum yayasan yang melakukan tindakan pemblokiran.
  3. Menolak Plt. Rektor yang diangkat pengurus baru Yayasan GMIM Ds. AZR. Wenas yang improsedural dan tindakan tersebut merupakan bentuk pembangkangan pengurus Yayasan yang baru terhadap kebijakan sinode GMIM.
  4. Mendesak BPMS GMIM untuk menindak tegas pembangkangan pengurus yayasan yang baru, dengan melakukan penggantian badan pengurus.
  5. Mendukung penuh Saudara Yopie Alex Tomi Pangemanan sebagai Rektor UKIT periode 2015-2019.
  6. Sivitas UKIT tidak menginginkan terulang kembali perpecahan UKIT yang dapat mengganggu stabilitas dan kondusifitas penyelenggaraan akademik dan keamanan, yang merugikan mahasiswa, orang tua mahasiswa, alumni, dosen serta upaya pengembangan UKIT dan merusak nama baik GMIM.

 DEMIKIAN PERNYATAAN SIKAP KAMI UNTUK MENJADI PERHATIAN SEMUA PIHAK YANG BERKEPENTINGAN DEMI PENYELAMATAN DAN PENGEMBANGAN UKIT.

TUHAN YESUS KRISTUS MEMBERKATI KITA.

 KAMPUS UKIT KURANGA TOMOHON, 26 OKTOBER 2016.

 KAMI SIVITAS UKIT :

  1. Pimpinan Universitas UKIT (terlampir)
  2. Pimpinan Fakultas se UKIT (terlampir)
  3. Pimpinan Mahasiswa dan Pegawai se UKIT (terlampir)

 

TIM Penyelamat UKIT

Ketua dan Sekretaris Tim Penyelamat UKIT bersama Kapolda SULUT

Pernyataan Sikap ini disampaikan dengan hormat kepada

  1. Badan Pekerja Majelis Sinode GMIM
  2. Koordinator Kopertis Wil. IX Sulawesi

Tembusan disampaikan dengan hormat kepada :

  1. Menteri Riset dan Pendidikan Tinggi RI di Jakarta
  2. Gubernur Propinsi Sulawesi Utara di Manado
  3. Kapolda Sulawesi Utara di Manado
  4. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah SULUT di Manado
  5. Badan Pekerja Majelis Wilayah di lingkungan GMIM
  6. Badan Pekerja Majelis Jemaat di lingkungan GMIM
  7. Rektor UKIT periode 2015-2019, Yopie A.T Pangemanan, S.Pd.,MM.

 

LAMPIRAN PERNYATAAN SIKAP SIVITAS UKIT

Download (PDF, Unknown)